Soal SKB Pendidikan Guru 28


TES CPNS SKB

1. Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat  yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a. membagi
b. menjumlah
c. mengurang
d. menghitung
b. menjumlah

2. Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda benda di sekitar dan fungsi anggota
tubuh dengan kalimat sederhana,maka kemampuan awal/ prasyarat Yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan
a. membuat karangan deskriptif
b. melengkapi kalimat belum selesai 
c. menyusun kalimat sederhana
d. membaca kalimat  sederhana
c. menyusun kalimat sederhana

3. Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
a. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
b. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
c. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
d. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
c. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia

4. Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang seringmuncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melaluipengerjaan soal ….
a. 4  + 3  = …..
b. 9  -  6  = …..
c. 8  - … =  ….
d. 5  + 4  =  ….
c. 8  - … =  ….

5. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
a. adanya gangguan hubungan keruangan
b. kesulitan dalam bahasa dan membaca
c. gangguan mengenal dan memahami simbol
d. performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
d. performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ

6. Perhatikan soal-soal di bawah ini.
                75                  68
                27                  13
              _____   _        _____  +
                58                   71
Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
a. proses penghitungan
b. memahami simbol
c. nilai tempat
d. bahasa dan membaca
c. nilai tempat

7. Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali
….
a. suara
b. kosakata
c. artikulasi
d. kelancaran
b. kosakata

8.Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
a. menangkap makna secara penuh
b. mengingat kembali kata-kata
c. membandingkan informasi yang diterima
d. merumuskan alternatif pemecahan masalah
a. menangkap makna secara penuh

9. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

10. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan
peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah.....
A. Inspirasi
B. budaya
C. inspirasi
D. pengasuhan dan lingkungan
D. pengasuhan dan lingkungan

11. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan
obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12/ - 14/15 tahun
C. 7 - 11/12 tahun

12. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut
pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan
berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat
kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang
bersifat konkrit (operasional formal)
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

13. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri
termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. Moral
C. Emosional

14. Seorang peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu
mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri
di lingkungan dengan baik.
Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…
A. Moral
B. spiritual
C. Sosial emosional
D. Kognitif
C. Sosial emosional

15. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak
memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang
memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar
sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
A. Sosial emosional

>>>Soal SKB Pendidikan Guru 29
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar