Soal SKB Pendidikan Guru 33


tes skb guru cpns


1.    Instrumen yang digunakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah: 
A.      Pedoman observasi 
B.       Kuesioner 
C.       Pedoman wawancara 
D.      Tes hasil belajar
A.      Pedoman observasi 

2.    Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang rendah,
tindakan apa yang akan dilakukan ?
A.      Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan 
B.       Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik 
C.       Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan  
D.      Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
C.       Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan  

3.    Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
A.      Buku sumber yang digunakan 
B.       Kurikulum dan silabus 
C.       Indikator pencapaian kompetensi 
D.      Kemampuan awal siswa
C.       Indikator pencapaian kompetensi 

4.    Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu
artinya:
A.      penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur 
B.       penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran 
C.       penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai 
D.      penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi 
D.      penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi 

5.    Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan
berikut, kecuali:
A.      Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan 
B.       Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai 
C.       Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik 
D.      Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester 
D.      Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester 

6.    Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh 
sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A.      Nilai batas ambang kompetensi 
B.       Nilai minimal yang dicapai peserta didik 
C.       Nilai maksimal yang dicapai peserta didik 
D.      Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
C.       Nilai maksimal yang dicapai peserta didik 

7.    Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan
belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
A.      Mean 
B.       Modus 
C.       Median 
D.      Simpangan baku
A.      Mean 

8.    Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A.      Penilaian hasil belajar peserta didik 
B.       Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru 
C.       Penilaian silabus dan RPP 
D.      Penilaian standar kompetensi lulusan
A.      Penilaian hasil belajar peserta didik 

9.    Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian
dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, 
sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….            
A.      Objektivitas. 
B.       Transparan 
C.       Bermakna 
D.      Menyeluruh
A.      Objektivitas. 

10.    Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang
Anda lakukan?
A.      Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan 
B.       Menyampaikan laporan ke atasannya 
C.       Menyusun rencana tindak lanjut 
D.      Menyusun laporan hasil pemantauan
C.       Menyusun rencana tindak lanjut 

11.    Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal
tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A.      Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda 
B.       memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi 
C.       memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument 
testnya yang sesuai
D.      diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soalsoal yang memiliki kesulitan tinggi
D.      diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soalsoal yang memiliki kesulitan tinggi

12.    Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar ….
A.      proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa 
B.       tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik 
C.       sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa 
D.      strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
C.       sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa 

13.    Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru
A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial 
B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil 
temuan analisis evaluasi belajar siswa
C.       Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan
rancangan yang ada. 
D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
C.       Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan
rancangan yang ada. 

14.    Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai
berikut....
A.      Menentukan kriteria keberhasilan belajar 
B.       Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya 
C.       Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan 
D.      Merencanakan pengajaran remidi
C.       Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan 

15.    Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A.      Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa 
B.       Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa 
C.       Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik 
oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D.      Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat
kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial 
C.       Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

16.    Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam 
proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A.      Konstruktivisme 
B.       Authentic assesment 
C.       Efektif 
D.      kondusif 
B.       Authentic assesment 

Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar