Soal SKB Pendidikan Guru 26


SKB CPNS

1. Penilaian hasil belajar dapat dilakukan berdasarkan acuan norma dan acuan patokan. Penilaian
acuan norma memiliki asumsi bahwa ...
a. Penentuan kelulusan didasarkan atas KKM
b. Kemampuan peserta didik sama untuk periode waktu yang sama
c. Kemampuan peserta didik beda untuk periode waktu yang sama
d. Kemampuan peserta didik beda untuk periode waktu yang berbeda
e. Analisis data hasil belajar hanya didasarkan pada nilai tertinggi
c. Kemampuan peserta didik beda untuk periode waktu yang sama

2. Salah satu bentuk penilaian otentik adalah portofolio. Untuk melakukan penilaian portofolio secara
tepat perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya adalah ....
a. Penilaian wewenang penuh pendidik
b. Banyak variasi atau keberagaman
c. Keterbukaan antara pendidik dan peserta didik
d. Fokus pada penilaian hasil
e. Kerahasiaan bersama antara pendidik dan peserta didik
e. Kerahasiaan bersama antara pendidik dan peserta didik

3. Dalam lingkup pengujian hasil belajar yang luas penggunaan tes obyektiF lebih menguntungkan
dari pada tes bentuk uraian. Salah satu keuntungan atau kelebihan tersebut adalah....
a. Tingkat validitas soal tinggi
b. Pengembangan soal relatif mudah
c. Materi soal tidak perlu luas
d. Tidak memperhatikan level kognitif
e. Mudah menebak jawaban
a. Tingkat validitas soal tinggi

4. Contoh bentuk penilaian yang terkait dengan assessment of learning adalah ....
a. Penialaian akhir semester
b. Pengamatan terhadap siswa saat berdiskusi
c. Penugasan selama pembelajaran
d. Penilaian harian
e. Pertanyaan/ Quiz selama pembelajaran
e. Pertanyaan/ Quiz selama pembelajaran

5. Telaah soal yang difokuskan pada aspek materi, konstruksi dan bahasa adalah analisis kualitas
perangkat soal tes hasil belajar secara ....
a. Kritis
b. Diagnostis
c. Praktis
d. Metodologis
e. Teoritis
e. Teoritis

6. Penilaian otentik memberikan keuntungan pada proses penilaian hasil belajar. Oleh karena itu
penilaian otentik penting dilakukan dalam pembelajaran karena penilaian otentik ....
a. Memberikan kesempatan kepada peserta didik mendemonstrasikan kemampuannya yang
spesifik
b. Memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mandiri
c. Tidak perlu integrase antara kegiatan belajar mengajar dan penilaian
d. Tidak harus mengkonstruksikan hasil pembelajaran
e. Merupakan penilaian secara langsung terhadap kemampuan peserta didik.
e. Merupakan penilaian secara langsung terhadap kemampuan peserta didik

7.  Contoh bentuk penialaian yang terkait dengan assesment as learning dalam pembelajaran adalah
....
a. Uji kompetensi keahlian
b. Ujian nasional
c. Penilaian akhir semester
d. Penilaian diri
e. Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional
d. Penilaian diri

8. Analisis kualitas soal tes pilihan ganda pada aspek materi antara lain ....
a. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
b. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi
c. Butir tes tidak terrgantung pada jawaban sebelumnya
d. Soal harus sesuai dengan indikator
e. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
d. Soal harus sesuai dengan indikator

9. Berikut yang merupakan contoh pemanfaatan hasil penilaian oleh guru adalah ....
a. Memisahkan siswa yang hasil penilaiannya rendah
b. Menyeleggarakan penilaian ulang dengan soal tes yang lebih mudah
c. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya tinggi
d. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya rendah
e. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
e. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah

10. Kualitas soal tes pilihan ganda secara teoritis pada aspek konstruksi antara lain ....
a. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
b. Pokok soal mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda
c. Soal harus sesuai dengan potensi siswa
d. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
e. Pokok soal memberi petunjuk ke arah jawaban benar
a. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas

11. Jika butir soal memiliki tingkat kesukaran 001 berarti....
a. Butir soal cukup sulit
b. Butir soal terlalu mudah
c. Butir soal terlalu sulit
d. Butir soal cukup mudah
e. Jawaban semua peserta tes salah
b. Butir soal terlalu mudah

12. Salah satu model evaluasi yang banyak digunakan dalam pelaksanaan program pendidikan adalah
model Context Input Process Product (CIPP). Untuk mengevaluasi aspek input pada pelaksanaan
program PPG dalam jabatan salah satu aspek yang perlu dievaluasi adalah....
a. ketepatan program
b. kualitas fasilitas pembelajaran
c. jumlah lulusan
d. kualitas lulusan
e. penempatan lulusan
b. kualitas fasilitas pembelajaran

13. Kemantapan, ketepatan dan homogenitas merupakan tiga aspek yang terkait dengan alat ukur. Hal
tersebut merupakan makna dari ....
a. Kompleksitas
b. Reliabilitas
c. Kualitas
d. Validitas
e. Heterogenitas
b. Reliabilitas

14. Penilaian otentik dapat juga digunakan untuk mengukur aspek keterampilan peserta didik.
Penilaian kemapuan peserta didik untuk melihat kemampuan melaksanakan keterampilan yang
meliputi beberapa komponen dengan lancar, tepat, urut dan efisien adalah penilaian pada aspek ....
a. Penyesuaian pola gerakan (adjustment)
b. Gerakan terbiasa (mechanical response)
c. Gerakan kompleks (complex response)
d. Kreativitas (creativity)
e. Gerakan terbimbing (guided response)
c. Gerakan kompleks (complex response)

15. Penilaian otentik memiliki beberapa tujuan. Salah satu tujuan dilakukannya penilaian otentik
adalah ....
a. Menciptakan keamanan dan kenyamanan sekolah
b. Menciptakan situasi belajar yang kondusif
c. Membantu orang tua agar anak belajar lebih baik
d. Memudahkan manajemen sekolah
e. Memudahkan tenaga kependidikan mengelola nilai
b. Menciptakan situasi belajar yang kondusif

>>>Soal SKB Pendidikan Guru 27
Baca Juga

Bagikan Artikel



Komentar